Tips mencegah nyeri punggung

Nyeri punggung memang tidak mengenakan. posisi tubuh berubah dan kemampuan gerak menjadi terbatas. nyeri ini muncul akibat kerusakan tulang belakang atau jaringan lunak penghubung tulang belakang,perubahan kelengkungan struktur tulang belakang,cidera otot atau jaringan saraf tulang belakang dengan lapisan pelindungnya untuk mencegah nyeri punggung, dr John W Knight memberikan beberapa tips sebagai berikut :
  • Duduklah dengan posisi tegak.untuk itu, pilihlah sandaran tinggi dan kuat. bila lelah dan ingin menyelonjotkan kaki,jangan lakukan sembari duduk, tetapi lakukan dengan cara berbaring.dan bila terpaksa harus duduk lama,pakailah bantal untuk menahan punggung.
  • Ketika mengangkat beban berat. jaga posisi punggung agar tetap tegak anda mesti berjongkok dengan punggung tegak dan bukannya membungkuk. caranya, tekuklah lutut dan biarkan kaki anda yang menerima beban, karena kaki lebih kuat ketimbang punggung. bila beban terlalu berat, janganlah memaksakan diri.
  • tidurlah dengan kasur agak keras. kasur yang terlalu empuk, akan membuat punggung dalam posisi melengkung, sehingga anda merasa tak nyaman saat bangun tidur
  • capailah bobot badan normal. orang yang gemuk, akan mudah sekali sakit punggung karena ada beban tubuh yang harus diterima punggung
  • Hindari sepatu bertumit (tips ini khusus kaum wanita dan waria hehehe.. :P).tumit tinggi, terutama yang ujungnya lancip, akan menyebabkan tekanan tidak wajar pada punggung. agar lebih aman, gunakanlah sepatu yang bertumit agak rendah dan usahakan tegak dalam berjalan dan berdiri.bila tetap ingin bergaya dengan sepatu high heels pilihlah yang bersol rata.
bila tiba-tiba anda merasa nyeri punggung, segeralah beristirahat di tempat tidur. unutk nyeri yang masih dini, lakukan kompres dingin disertai dengan obat penghilang rasa nyeri.

semoga tips ini bermanfaat bagi anda semua.

Related posts



Blogger Templates by Blog Forum