Obama's Inaguration

Setelah melalui perjalanan politik yang melelahkan, akhirnya kemarin Obama dilantik menjadi Presiden amerika Serikat yang ke-44. Ada yang menarik dari peristiwa pelantikannya kemarin, yang pertama adalah Obama sempat nervous saat mengucapkan sumpahnya, mungkin karena ia terlalu bersemangat mengucapkan sumpahnya atau juga mungkin karena takut sumpahnya tidak bisa ia tepati seperti dinegara tetangga.

namun yang lebih menarik dari peristiwa pelantikan kemarin adalah pidato pertama kepresidenannya, dimana pidato tersebut sangatlah penting karena akan menunjukan apa yang akan dilakukan Obama pada periode pemerintahannya.


dalam pidatonya, langkah politik yang akan ditempuh obama waktu dekat adalah menarik mundur pasukan amerika dari irak. namun, Obama akan memindahkan pasukannya ke Afghanistan. agak aneh memang, mengapa ia harus memindahkan pasukannya ke Afghanistan. karena menurut saya, pasti ada kepentingan politik baru yang akan dilakukan negara adidaya ini disana.

selain itu, dalam pidatonya, Obama sama sekali tidak menyinggung secara eksplisit konflik yang sedang hangat akhir-akhir ini yaitu antara Israel dan Palestina. ia hanya menyampaikan tekad dan keinginannya untuk merangkul negara-negara muslim. Namun tidak sepeserpun kata-kata Gaza keluar dari mulutnya. mungkinkah ini hanya Bush yang berganti warna kulit, karena sepertinya kebijakan politik Obama tidak akan banyak berubah seperti pendahulunya.

"janganlah memilih pemimpin yang berpidato, tapi pilihlah yang berbicara. karena pemimpin yang berpidato akan kehilangan kemampuan berbicara jika naskahnya diambil", mungkin kalimat ini bisa menjadi acuan dalam memilih seorang pemimpin mengingat saat ini, banyak seorang pemimpin yang pandai berpidato, namun tak pandai dalam bekerja.

Obama memang belum melaksanakan kebijakan politiknya, namun setidaknya kita sudah memiliki sedikit gambaran langkah politik yang akan diambilnya kedepan. yah, mudah-mudahan saja ia bukan termasuk pemimpin yang "Omong Doang" seperti di negara tetangga. dan yang terpenting adalah kebijakannya akan membawa dampak positif pada dunia pada umumnya, serta indonesia khususnya. karena langkahnya, pasti akan selalu menjadi sorotan dunia internasional.


Related posts



Blogger Templates by Blog Forum