Benarkah pria lebih cerdas daripada wanita?

Sebuah penelitian akademis di Inggris menunjukkan bahwa pria lebih cerdas dari wanita, menurut pengkajian baru yang dilakukan Universitas Manchester, Inggris, untuk dipublikasikan British Journal of Psychology pada november 2007 mengatakan bahwa IQ pria rata-rata lima poin lebih tinggi dibanding wanita.

Penelitian yang dilakukan Paul Irwing, dosen senior Universitas Manchester, bersama rekan sejawatnya Richard Lynn, mantan profesor psikologi University of Ulster, yang sebelumnya pernah mempublikasikan karya ilmiah mengenai topik tersebut, mengemukakan kepada Times Higher Educational Supplement bahwa mereka telah menemukan bukti yang mendukung kesimpulannya.
Kajian yang digelar masyarakat Psikologi Inggris tersebut melibatkan 80 ribu peserta yang diminta menjalani tes IQ dan 20 ribu pelajar untuk penelitian lebih lanjut.

Irwing menyebutkan tak ada perbedaan IQ antara wanita dan pria sampai usia 14 tahun, namun diatas usia tersebut atau menginjak usia dewasa, IQ pria lebih tinggi lima poin ketimbang wanita, bukan sebuah perbedaan yang cukup besar namun cukup memiliki implikasi yang penting sekali.

“Hal ini sangat bertentangan dengan latar belakang wanita yang secara dramatis mengalahkan pria dibidang pendidikan dan pencapaian prestasi kerja,” tambah Irwing yang mengaku memiliki perbedaan pandangan politik tentang hal ini dengan Richard.

Pihak akademis menggunakan tes untuk mengukur kemampuan umum kognitif - kemampuan spatial dan verbal.
dalam penelitian tersebut mencatat kesenjangan antara pria dan wanita, misalnya dalam kelas tingkat pertama jumlah pria dengan skor IQ 125, lebih banyak dua kali ketimbang wanita. Dengan skor IQ 155 adalah skor genius yang lebih banyak didominasi pria 5,5 dibanding wanita.

Meskipun memiliki pandangan yang tak searah dengan Richard, Irwing menambahkan ia merasa wajib menempatkan “kebenaran ilmiah” di atas konflik politik pribadi, dan kemungkinan besar bahkan nama baik akademisnya. Karya ilmiah yang akan dipublikasikan pada 4 Nopember, tentu saja dapat memicu kontroversi di kalangan akademisi.

Di masa lalu, Lynn telah mengemukakan bahwa kaum pria memiliki IQ yang lebih tinggi daripada kaum wanita, ras kulit putih lebih tinggi ketimbang kulit hitam dan Asia Timur lebih tinggi daripada orang Eropa.

Meramalkan kemungkinan atas seluruh populasi, hasilnya mengindikasikan bahwa terdapat tiga pria untuk setiap wanita dengan IQ di atas 130, 5,5 pria untuk setiap wanita dengan IQ di atas 145.Pada 1999, Lynn berkesimpulan kaum pria rata-rata mempunyai IQ tiga hingga empat poin lebih tinggi daripada kaum wanita.

Dr Irwing menyebutkan tingkat kecerdasaan tersebut didukung banyak bukti dengan sejumlah tokoh-tokoh pria yang sukses meraih banyak keberhasilan seperti grandmasters catur, mendali dibidang matematika, Nobel prize dan beberapa anugerah sejenis.

Pengkajian itu juga menawarkan angin sejuk kepada kaum wanita yang disebutkan bahwa kaum wanita cenderung untuk bekerja lebih keras. Wanita dengan IQ yang sama dengan pria mencapai “hal yang lebih karena mereka lebih tekun dan sanggup menyesuaikan diri pada periode kerja keras yang terus menerus.

Related posts



Blogger Templates by Blog Forum